Sunday, July 21, 2013

Cara memperbaiki CD-rom

Cara memperbaiki CD-Rom yang tidak Terdeteksi
 

Oke kali ini saya ingin post tentang Cara memperbaiki CD-Rom yang tidak terdeteksi nah..! hal / perkara mudah Ini bisa saja membuat Kita bingung atau Ripuh jika kita tidak tau cara menggulanginya Oke langsung aja baca ya ...!
Para pengguna CD-ROM, biasanya banyak bekerja dengan menggunakan alat yang satu ini. Jika ditemukan CD-ROM tidak terdeteksi oleh BIOS, beberapa factor kesalahan, yang mungkin menjadi penyebab kerusakan sehingga CD-ROM tidak terdeteksi, yaitu :
                         Penyebab  1:  Penggunaan interface yang tidak benar dapat menyebabkan CD-ROM tidak terdeteksi oleh BIOS.
                 Solusi : Kemungkinan penanggulangan masalah yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi penyebab kerusakan yaitu dengan memeriksa ulang pemasangan kabel-kabel CD-ROM (kabel data dan kabel power), antara pin satu kabel pemasangan kabel-kabel  interface (yang berwarna merah) akan bertemu dengan kabel merah power Suply.

Penyebab 2:      CD-ROM yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan pembaaan data tersendat-sendat, ini disebabkan semakin melemahnya kerja optic, yg mengakibatkan CD-ROM tersebut tidak dapat membaca CD/Media disk dengan baik.
Solusi :             Kemungkinan penanggulangan permasalahan yg mungkin dilakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan yaitu dengan mengkalibrasi trimpot optic yang ada diseputaran optic. Untuk pemutaran trimpot ini, ke kiri akan memperlambat putaran disk dank e kanan mempercepat putaran disk. Jika CD-ROM sering digunakan maka putaran disk akan semakin lambat, maka putarlah trimpot optic ke kanan secara perlahan-lahan.
Penyebab 3 :     Jika pemilihan set jumber CD-ROM dan hard disk dipasang dengan satu kabel, pada satu pilihan master-master dapat menyebabkan CD-ROM tidak terdeteksi.
Solusi :             Kemungkinan penanggulangan permasalahan yg mungkin dapat dilakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan dengan pemasangan set jumper antara CD-ROM dan hard disk. Jika satu kabel data sebaiknya hard disk pada set jumper master dan CD-ROM pada set jumper slave atau dengan jalan terbaik yaitu memisahkan interface CD-ROM  dan hard disk yang mana hard disk diletakkan pada instalasi IDE Primary, sedangkan CD-ROM diletakkan pada instalasi IDE secondary.
Penyebab 4:      Misalnya pada instalasi setup BIOS, primary master pada pilihan Auto, primary slave pada pilihan none, secondary master pada pilihan none, dan secondary slave pada pilihan none, maka CD-ROM tidak akan terdeteksi.
Solusi:              Keungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dilakukan untuk membantu mengatasi masalah penyebab kerusakan yaitu dengan menentukan pilihan instalasi IDE Primary dan secondary berada pada pilihan auto, ini berguna untuk mendeteksi seluruh periferalsecara automatic, tanpa anda harus merubah setup BIOS setiap perubahan/pergantian peripheral.
Penyebab 5:      Penginstalan driver CD-ROM yang “crash”, dapat menyebabkan  CD-Rom tidak terdeteksi oleh system. Dengan begitu tampilan CD-ROM tidak akan ditemukanpada tampilan windows. Terkecuali menginstal ulang semua system windows dan aplikasinya dari awal. Ini akan memakan waktu cukup lama
Solusi:              Ada cara terbaik yang dapat dilakukan , agar CD-ROM tersebut dapat terdeteksi kebali tanpa harus menginstal ulang windows. Beberapa perangkat lunak yang dibutuhkan sbb:
·         MSCDEX.EXE (file pembaca)
·         OAKCD-ROM.SYS (file driver CD-ROM)
Langkah-langkah yang dapat dilakuyka yaitu :
·         Dari system operasi DOS. C:\>: Copykan kedua file tersebut ke dalam hardisk. Kemudian ketikkan :
COPY_CON_AUTOEXET.BAT (Enter).
MSCDEX.EXE_/D: NAMA (Enter)
·         Berikut yang kedua
COPY_COC_CONFIG.SYS (Enter)
DEVICE=OAKCD-ROM.SYS_/D:NAMA (Enter)
·         Booting ulang computer untuk menjalankan semua perubahan yang dilakukan

0 comments:

Post a Comment

Followers